Lame Server Resolving

Gue baru ganti mesin secondary DNS server. Setelah setup mesin DNS 2 mingguan yang lalu, dibiarin up selama 2 minggu itu untuk ngeliat ada masalah atau nggak dengan mesin itu.

Soalnya itu mesin emang rada-rada. Waktu pertama kali gue pasang di ruang server, itu mesin ngadat booting dengan mulus. Setiap kali abis BIOS nongol pasti ada IRQ conflict. Yang aneh lagi, mesin ini sebelumnya dipake buat proxy dan ga pernah ada masalah dengan IRQ conflict. Sementara sebelomnya ga pernah utak-atik hardware atau BIOS.

Seharian gue kedinginan di dalam ruang server hanya untuk bolak balik reboot itu mesin nyari masalahnya apaan tapi ga bisa juga. Gak kuat kedinginan, mesin dogol itu gue bawa ke meja gue, pasang di sana. Boot … Ajaib! Gak ada IRQ conflict! Kayaknya ini mesin bagus gue kasih nama “Hantu” aja ya. Banyak masalah gaib. Mungkin letak mesin harus sesuai dengan Feng Shuinya.

Setelah masalah Feng Shui terselesaikan, pertama … gue install linux di mesin itu. Selesainya gue setup DNS. Setingan DNS yang lama gue kopi langsung ke mesin itu. Ada lebih dari ratusan zone dan gila aja kalo gue niat ngetik satu persatu zone yang ada.

Setelah kelar semua setingan yang ada, secondary DNS yang ada gue matiin, mesinnya gue ganti sama mesin yang udah di setup ini. Nyalain service DNS dan gue ngeliat zone-zone yang ada melakukan transfer file ke secondary DNS ini. Tapi di log sering nongol tentang lame server.

Aug 7 09:15:02 ns2 named[2880]: lame server resolving 'www.blablabla.com' (in 'blablabla.com'?): 12.234.12.123#53

Anehnya beberapa domain yang nongol di log, sama sekali ga ada setingan zone-nya di konfig gue.
Nyontek dari sini dan sini, lame server itu adalah :

If you look in your message logs, you may see an error about a “lame server”. A lame server is when the NS record for a domain specifies a server that is not authoritative for the domain. For example, the NS record for http://www.domain.com may list ns1.domain.com as one of its nameserver; however, if you actually query ns1.domain.com, the nameserver does not answer as an authoritative server. The latter is do to a mis-configuration of that nameserver not yours. Lame servers are increasingly common as more and more people run their own DNS — often with improper configurations.

Jadi kesalahan bukan pada mesin Feng Shui ini. Tapi kenapa ga nongol di log mesin secondary DNS yang lama ya?

Dari site tersebut dijelasin juga, kalo pusing ngeliat lame server error itu di log, matiin aja log tentang lame server itu. Caranya? Install Lin… euh …

Tinggal di file named.conf masukin option kayak gini:

logging {
category lame-servers { null; };
};

Done.

Leave a Reply

